Soal Asrama Sudah Klir, Seleksi Siswa Boarding di SMAN 10 Samarinda Masih Dibuka Sampai Malam Nanti -->

Header Menu

Iklan Mas Vaga 1

Advertisement

Soal Asrama Sudah Klir, Seleksi Siswa Boarding di SMAN 10 Samarinda Masih Dibuka Sampai Malam Nanti

Redaksi Kalimantana
Kamis, 30 Mei 2024


Ramai-ramai sorotan urusan penerimaan siswa baru untuk kelas boarding alias asrama di SMA Negeri 10 Samarinda, akhirnya tuntas. Sekolah dengan segudang prestasi itu diberi kesempatan membuka seleksi lebih dini, untuk kelas asrama oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur. 


Sekretaris Tim Seleksi Penerimaan Siswa Asrama SMA Negeri 10 Samarinda Sudarman menyebut, seleksi masih akan dibuka hingga Kamis 30 Mei 2024, hari ini dan berakhir pada Kamis malam pukul 23.59 WITA. 



"Masih terbuka kesempatan bagi warga Kalimantan Timur dan Indonesia, untuk ikut seleksi bagi kelas asrama di SMA Negeri 10 Samarinda. Pendaftaran akan ditutup besok (Kamis) pukul 23.59 WITA," ucap Sudarman, dalam keterangan tertulis. 


Sudarman memastikan, bahwa persoalan administratif yang semula menjadi ganjalan bagi pembukaan penerimaan siswa untuk kelas asrama di SMA Negeri 10 Samarinda sudah klir. Ia mengatakan, semula pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hanya ingin memastikan bahwa penerimaan siswa untuk kelas asrama, dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


Hal itu, lanjut dia dilakukan bukan hanya untuk SMA Negeri 10 Samarinda, namun juga untuk sekolah berasrama lainnya, yang ada di Kalimantan Timur. 


"Pesan dari Pak Kepala Dinas, sebenarnya  aturan memperbolehkan melakukan seleksi duluan (untuk kelas asrama). Kemarin ada evaluasi yang dilakukan. Kan asalnya sudah memasang pengumuman penerimaan lebih awal. Tapi belum deal tentang sistem. Waktu itu dari Kepala Dinas minta dipastikan." ungkap Sudarman. 


Menurutnya, jalur penerimaan kelas asrama ini merupakan upaya memberi ruang bagi mereka yang tidak bisa masuk melalui jalur zonasi. Selain itu, karena sifat kekhususannya, kelas asrama juga mensyaratkan sejumlah tes untuk semua calon siswa yang hendak masuk lewat jalur tersebut. Mulai dari tes potensi akademik, nilai rapor hingga kurasi prestasi apa yang dimiliki calon siswa. 




"Untuk kelas asrama, dibuka berdasarkan ketersediaan asramanya. Tahun ini kuotanya 72, terdiri dari 27 untuk putra,  dan putrinya 45," tukasnya. 

Selain kelas asrama, SMA Negeri 10 Samarinda tetap akan membuka PPDB reguler sesuai zonasi yang menyediakan total 10 kelas, yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang diberikan oleh Disdikbud Kaltim. 

Sampai dengan Rabu malam, pendaftar terjauh untuk kelas asrama kata Sudarman berasal dari daerah di Pulau Jawa. Selain itu, banyak pula pendaftar dari provinsi tetangga seperti Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Dari wilayah Kalimantan Timur sendiri, selain pendaftar dari Kota Samarinda dan sekitarnya, juga terdapat calon siswa dari Kabupaten Berau. 

"Intinya untuk asrama, semua sudah clear. Saya diminta untuk membantu untuk melakukan seleksi. Karena kasihan kan, ada sekolah yang sudah bagus, juga populer kalau harus terkendala karena sedikit kesalahpahaman kemarin," pungkasnya.